/PELATIHAN DAN KOMPETENSI

PELATIHAN DAN KOMPETENSI

1. Kegiatan Pra-OJT

Bentuk kegiatan :

Kegiatan Pra OJT merupakan bentuk kegiatan sosialisasi untuk memberi pembekalan softskill kepada mahasiswa yang akan melakukan On The Job Training di industri.

Pelaksanaan :

Selama 2 (dua) hari mahasiswa diberikan wawasan tentang pelaksanaan On The Job Training di industri, budaya dan etos kerja di industri, bekerja dalam tim dan kemampuan berkomunikasi. Acara ini rutin diiadakan setiap tahun.

Hasil :

Mahasiswa siap dan percaya diri sebelum kegiatan On The Job Training di industri.

2. Pelatihan dan Wawasan

  • Pelatihan Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan dilaksanakan pada mahasiwa baru oleh Program Studi D4 Manajemen Bisnis dengan PUSDIKLAT AAL. Hasil kegiatan tersebut berupa peningkatan mental dan kepribadian mahasiswa yang kuat. Hal ini dibuktikan dengan naiknya tingkat kedisiplinan untuk memproteksi¬† transisi dari jenjang pendidikan sebelumnya. Pelatihan ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa dan menjadi salah satu syarat kelulusan.

3. Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen

  • Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Pra Tingkat Dasar wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru dan menjadi salah satu syarat kelulusan. Setelah kegiatan LKMM Pra Tingkat Dasar, terdapat Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar. Tujuan pelatihan adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai kepemimpinan dan manajemen diri untuk bisa digunakan dalam menjalani kehidupan di kampus maupun di dunia kerja dan masyarakat. Hasil dari pelatihan ini adalah :
  1. Meningkatnya minat mahasiswa untuk mengikuti pelatihan tingkat lanjut untuk menjadi Pemandu LKMM.
  2. Mahasiswa memiliki manajemen diri, disiplin, dan jiwa pemimpin dalam menunjang kegiatan perkuliahan.
  • Mampu meningkatkan prestasi mahasiswa secara akademik dan non akademik.

4. Pelatihan Profesional

Pelatihan Pra On the Job Training yang dilaksanakan oleh program studi dan Profesional Trainer. Pelatihan ini wajib diikuti oleh semua mahasiwa yang akan melaksanakan OJT di industri  yang isi materinya antara lain :

  1. Etos kerja dan budaya industri
  2. Kepemimpinan dan kerja tim
  3. Perencanaan kerja dan karir
  4. Perencanaan kompetensi
  5. Etika profesi
  6. Penulisan Tugas Akhir

 

Hasil dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa memiliki kesiapan mental yang baik untuk memasuki dunia industri diantaranya adalah:

  1. Penilaian industri terhadap mahasiswa D4 Manajemen Bisnis mendapatkan respon yang baik dan diterima dalam industri.
  2. Hasil kuesioner dari pengguna industri mendapat respon yang memuaskan.
  3. Pelatihan Job Hunting, berupa pembekalan bagi mahasiswa di akhir semester VIII untuk memperoleh pekerjaan. Program ini rutin dilaksanakan oleh Unit Bimbingan Karir dan Alumni. Hasil dari pembekalan ini diharapkan lulusan memiliki kesiapan dalam seleksi kerja.