//Wednesday Class : Membangun Bisnis Berbasis Syariah

Wednesday Class : Membangun Bisnis Berbasis Syariah

Rafi bin Khadij bertanya kepada Rasulullah, “Penghasilan apakah yang paling baik, wahai Rasulullah?” Dari hadis riwayat Ahmad, Rasulullah menjawab, “Penghasilan seorang dari jerih payah tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur.”

Dari hadis tersebut, kita bisa lihat kalau berbisnis atau hal-hal yang ada hubungannya dengan perniagaan adalah hal yang disukai oleh Rasulullah. Sebagai generasi muda, kenapa kita tidak mencontoh junjungan kita tersebut? Kalau Anda sudah mulai terbuka mata untuk mulai sebuah usaha, berikut beberapa contoh bisnis syariah yang cocok dijalankan oleh anak muda dan mendatangkan keuntungan yang berlipat:

1. Pakaian Distro

Pakaian distro selalu identik dengan produk yang unik dan menarik. Untuk memenuhi pasar Muslim di Indonesia, beberapa desain pakaian pun bisa diubah agar tetap gaya dan tidak melanggar syariah. Misal, desain kaos dibuat dengan simbol-simbol Islam atau dengan terjemahan ayat suci yang dicetak dengan menarik. Selanjutnya untuk wanita, produk hijab dan sejenisnya bisa dibuat lebih gaya tanpa meninggalkan esensi dan manfaatnya. Bisnis syariah dengan jiwa muda ini terbukti menjual dan mendatangkan banyak keuntungan. Anak muda Muslim akan tertarik karena produknya sesuai dengan aturan dan masih ada bonus desain yang menarik pula. Sambil menyelam minum air, beli satu produk tapi manfaatnya ganda.

Jika ditelisik lebih mendalam, bisnis pakaian distro dengan nuansa Islami tidaklah membutuhkan modal yang banyak. Ditambah dengan anak muda yang sekarang sudah banyak memiliki kendaraan pribadi, tidak ada salahnya menjadikan BPKB kendaraan mereka sebagai agunan yang bisa dijadikan modal lewat pembiayaan Arrum dari Pegadaian Syariah. Di sini, anak-anak muda dengan bisnis lingkup kecil dimudahkan mendapatkan modal usaha dengan jaminan kendaraan.

2. Kafe Syariah

Kafe syariah menjadi bisnis syariah anak muda kedua yang bisa dilakukan dengan mudah. Konsep dari kafe ini adalah menyediakan kuliner yang tidak melanggar aturan Islam. Misal dengan tidak menyediakan makanan dan minuman haram atau aneka produk beralkohol meski kadarnya rendah. Selain menawarkan makanan dan minuman yang halal, bisnis ini juga harus menawarkan pengolahan yang higienis. Islam menyukai kebersihan karena sebagian dari iman. Selanjutnya penyajian juga harus dilakukan dengan benar sehingga pelanggan puas dan tidak menyesal telah mengeluarkan uangnya. Bisnis kafe syariah cukup menjanjikan terutama di kota-kota berkembang karena siapa saja bisa datang untuk makan. Pengolahan makanan yang benar membuat bisnis ini bisa dinikmati semua kalangan baik muslim maupun non Muslim.

3. Agen Travel

Bisnis travel cukup menjanjikan karena masyarakat milenial menganggap aktivitas ini penting dan harus dilakukan paling tidak sekali setahun. Berangkat dari keadaan ini, anak muda bisa memulai bisnis agen travel dengan menyusun rencana perjalanan hingga menyediakan akomodasi dan makanan yang sesuai dengan syariah Islam. Selama ini, turis yang datang ke Indonesia hanya berasal dari kawasan Eropa dan Asia Timur. Kalau bisnis travel syariah ini dijalankan dengan baik, bukan tidak mungkin turis dari negara mayoritas muslim di dunia akan datang untuk melakukan perjalanan. Tugas anak muda saat ini adalah mendesain programnya dengan baik dan melakukan promosi yang memikat.

Itulah beberapa bisnis syariah yang cocok untuk anak muda yang bisa dijalankan di Indonesia. Semoga bisa memberi inspirasi untuk memulai bisnis yang benar dan menguntungkan.