Wednesday Class : Limbahpun bisa jadi bisnis!

0
248
views
Dosen sosiopreneur dan Founder Jawa Painting di wednesday class. IQBAL

KOMINFO UPDATE – Rabu, 22 Maret 2017, Berkenalan dengan mas rudi pembisnis muda yang menyulap limbah akar dan kayu jati di wilayah tempat tinggalnya di Bojonegoro, Rudi Irvanto memiliki ide untuk mengolahnya menjadi kerajinan tangan. Lewat usaha Jawa Painting, kini Rudi bisa memproduksi sekitar 300 unit kerajinan kayu dengan omzet Rp 30 juta per bulan.

Berasal dari daerah yang banyak ditumbuhi pohon jati dijadikan peluang berbisnis yang menarik bagi Rudi Irvanto. Pria asal Bojonegoro, Jawa Timur ini masih berstatus mahasiswa Kedokteran Hewan di Universitas Airlangga. Namun, sejak SMA bersama sang kakak di tahun 2012, Rudi mendirikan usaha kerajinan dari limbah akar kayu jati bernama Jawa Painting yang berasal dari singkatan Jati Waste Painting.

Rudi bercerita, wilayah tempat tinggalnya di Bojonegoro, khususnya di kawasan Kapas dan Banjarejo banyak tumbuh pohon jati, selain itu banyak juga perusahaan yang mengelola kayu jati. Sehingga, banyak limbah kayu kayu jati yang hanya teronggok begitu saja. Banyak masyarakat sekitar mengambil limbah kayu tersebut untuk kayu bakar saja.

Darisitu, Rudi memiliki inisiatif untuk bisa memanfaatkan limbah kayu yang berkualitas ini untuk menjadi kerajinan yang bernilai tinggi. Kebetulan, ayahnya adalah pemahat kayu, sehingga Rudi sedikit banyak cukup familier dengan bidang usaha kerajinan kayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here